Saturday, November 8, 2014

SILABUS - AQIDAH AKHLAK MA - KLS XI 1-2

 S  I  L  A  B  U  S

Satuan Pendidikan                : MAS 01 Darussalam Kepahiang                                                                                                  
Mata Pelajaran                      : Aqidah Akhlaq                                                                                                                  
Kelas / Semester                    : XI (sebelas) / Genap
Tahun Ajaran                       : 2015 / 2016
Standar Kompetensi              : 5. Memahami ilmu kalam

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN


ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ ALAT
Teknik
Bentuk instrument
Contoh
5.1.    Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam
Pengertian dan fungsi ilmu kalam
·    Menjelaskan pengertian ilmu kalam
·    Mendiskusikan fungsi ilmu kalam
·    Membaca referensi yang terkait dengan sejarah munculnya ilmu kalam

Siswa Dapat :
5.1.1. Mendefnisikan pengertian ilmu kalam

5.1.2. Menjelaskan fungsi ilmu kalam



5.1.3. Menelusuri sejarah munculnya ilmu kalam



Tes Tulis



Tes Tulis



Tes Tulis 

Uraian



Uraian



Lisan

1.    Sebutkan  pengertian ilmu kalam !
2.    Jelaskan fungsi ilmu kalam !

3.    Ceritakan sejarah munculnya ilmu kalam !
4 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1    White Board dan spidol
2      Kertas
5.2.  Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.

Hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
§ Mendiskusikan masalah pokok ilmu kalam
§ Menelusuri latar belakang ilmu kalam
§ Mendiskusikan masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam
Siswa Dapat :
5.2.1. Menyebutkan masalah pokok ilmu kalam


5.2.2. Menjelaskan latar belakang ilmu kalam
5.2.3. Menjelaskan masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam

Tes Tulis



Lisan

Tes Tulis

Uraian





Uraian

1.    Sebutkan masalah-masalah pokok yang di bahas di dalam ilmu kalam?



2.   Jelaskan masalah yang sering diperdebatkan dalam ilmu kalam ?
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.   White Board dan spidol
2.   Kertas

5.3.  Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
Penerapan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
·   Menjelaskan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
·   Mendemonstrasikan sikap tokoh ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah
Siswa Dapat:
5.3.1.          Menyebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
5.3.2.          Menunjukkan sikap tokoh ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah


Lisan


Tes Tulis




Uraian

1.   Sebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam ?

2.   Jelaskan  sikap tokoh dalam mempertahankan aqidah?
4 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.      White Board dan spidol
2.      Kertas


Kepahiang, 25 Oktober 2014
Mengetahui,                                                                                                                                          Mahasiswa  
               Dosen Pembimbing                                                                                                                             
                                                                                                                                                                                 


               Baryanto, S.Pd. M.M                                                                                                                           Slamet Ridwan
                        NIP.                                                                                                                                                                NIM. 11532031
 
Standar Kompetensi               : 6. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ ALAT
Teknik
Bentuk instrumen
Contoh
6.1 Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)

Aliran-aliran dalam ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)
·    Menjelaskan macam-macam aliran dalam ilmu kalam
·    Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam
·    Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
Siswa Dapat:
6.1.1 Menyebutkan macam-macam aliran dalam ilmu kalam
6.1.2 Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam
6.1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam

Tes Tulis




Tes Tulis




Lisan 

Uraian




Uraian






1. Sebutkan macam-macam alirandalam ilmu kalam?



2. Jelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam?


3. Sebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam?
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1      White Board dan spidol
2  Kertas

6.2.Menganalisis perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya

Perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
§ Mendiskusikan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
§  Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang ilmu kalam
Siswa Dapat :
6.2.1Membandin-gkan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
6.2.2Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan ilmu kalam


Tes Tulis






Tes Tulis


1. Bandingkan perbedaan antara aliran ilmu kalam dengan yang lain ?



2. Tuliskan dalil naqli yang berkaitan denganilmu kalam ?
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.      White Board dan spidol
2.      Kertas

6.3Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
Beberapa contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
·         Membaca buku referensi tentang sikap orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
·         Mendiskusikan hikmah adanya prilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.

6.3.1Menjelaskan sikap orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
6.3.2Menjelaskan hikmah adanya prilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam

Tes Tulis





Tes Tulis
Uraian





Uraian 
1. Jelaskan sikap orang yang menganut aliran dalam ilmu kalam?



2. Jelaskan hikmah adanya prilaku orang yang manganut aliran dalam ilmu kalam? 
2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.  White Board dan spidol
2.  Kertas

6.4 Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat
Perbedaan-perbedaan aliran dalam kehidupan bermasyarakat
·         Mendiskusikan  persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam
·         Membaca buku referensi yang berkaitan dengan dasar pemikiran dalam ilmu kalam
6.4.1Menjelaskan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam
 6.4.2Menjelaskan dasar pemikiran dalam ilmu kalam
Tes Tulis




Tes Tulis
Uraian




Uraian 
1. Jelaskan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam ?



2. Jelaskan dasar pemikiran dalam ilmu kalam ?

2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.      White Board dan spidol
2.      Kertas



Kepahiang, 25 Oktober 2014
Mengetahui,                                                                                                                                                                  Mahasiswa  
               Dosen Pembimbing                                                                                                                             
                                                                                                                                                                                 


               Baryanto, S.Pd. M.M                                                                                                                                                   Slamet Ridwan
                        NIP.                                                                                                                                                                                        NIM. 11532031
 Standar Kompetensi               : 7. Membiasakan perilaku terpuji

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ALAT
Teknik
Bentuk instrument
Contoh
7.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu


Pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

·   Menjelaskan pengertian menutup aurat
·   Mendiskusikan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita
·   Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

Siswa Dapat :
7.1.1.      Menjelaskan pengertian menutup aurat
7.1.2.      Menyebutkan  batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita
7.1.3.      Mengidentifikasi dalil naqli tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu


Tes Tulis


Tes Tulis


Tes Tulis

Uraian


Uraian 


Uraian

1.     Jelaskan pengertian menutup aurat?

2.    Sebutkan  batas-batas aurat bagi laki-laki dan perempuan ?

3.    Tuliskan dalil naqli tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhiasa ?
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas

7.2Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

§ Menjelaskan pengertian bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
§ Mendiskusikan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
7..2.1  Menjelaskan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
7.2.2 Memban-dingkan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Tes Tulis




Tes Tulis
Uraian




Uraian 
1.     Jelaskan bentuk akhlak berpakaian, berhias ?




2.    Bandingkan bentuk akhlak berpakaian dan berhias ?
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas

7.3Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan

Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan

·   Menjelaskan nilai negatif akibat tidak dilaksanakanya bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·   Mendiskusikan hikmah dilaksanakanya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

7.3.1 Menyebutkan nilai negatif akibat tidak dilaksanakanya bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
7.3.2 Menunjukkan hikmah dilaksanakanya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Tes Tulis





Tes Tulis
Uraian





Uraian
1.    Sebutkan dampak negative akibat tidak mengamalkan akhlak berpakaian dan berhias ?


2.    Tunjukkan hikmah melaksanakan akhlak berpakaian dan berhias dengan baik ?

4 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas

7.4Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·      Menjelaskan prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·      Memberikan contoh orang-orang yang melaksanakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
7.4.1 Menunjukan prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
7.4.2 Meneladani orang-orang yang melaksanakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Lisan




Lisan

1.     Tunjukkan contoh prilaku orang yang mengamalkan akhlak berpakaian dan berhias ?

2.    Menurut anda bagaimana cara meneladani orang yang melaksanakan akhlak berpakaian dan berhias ?

2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.  White Board dan spidol
2.  Kertas



Kepahiang, 25 Oktober 2014
Mengetahui,                                                                                                                                          Mahasiswa  
               Dosen Pembimbing                                                                                                                             
                                                                                                                                                                                 


               Baryanto, S.Pd. M.M                                                                                                                           Slamet Ridwan
                        NIP.                                                                                                                                                                NIM. 11532031
 Standar Kompetensi               : 8. Menghindari Perilaku Tercela

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/BAHAN/ALAT
Teknik
Bentuk instrument
Contoh
8.1.       Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

Pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
·       Menjelaskan definisi dosa besar
·       Membaca, menulis menterjemahkan dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
Siswa Dapat :
8.1.1.       Mendefinisikan tentang dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
8.1.2.       Mencari dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba

Tes Tulis




Tes Tulis

Uraian




Uraian

1.     Identifikasikan tentang dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) ?
2.     Cari dan tuliskan dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas

8.2.            Mengidentifi-kasi bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

Bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
§ Menjelaskan macam-macam dosa besar
§ Mendiskusikan prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
8.2.1.       Menyebutkan macam-macam dosa besar
8.2.2.       Menunjukkan prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
Tes Tulis


Lisan 
Uraian
1.     Sebutkan macam-macam dosa besar ?

2.    Tunjukkan ciri prilaku orng yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba ?
2 jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.  White Board dan spidol
2.  Kertas

8.3.    Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

Nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

·      Mendiskusikan pentingnya menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
·      Menjelaskan akibat negatif yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

Siswa Dapat:
8.3.1.       Menjelaskan pentingnya menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
8.3.2.       Menunjukkan akibat negatif yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)


Tes Tulis






Tes Tulis 

Uraian






Uraian

1.     Jelaskan pendapat anda pentingnya menghindari dosa besar besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)?
2.    Tuliskan contoh akibat negative yang timbul dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

4 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.  White Board dan spidol
2.  Kertas

8.4.       Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
·      Membaca referensi tentang akibat positif meninggalkan dosa besar
·      Mencari contoh beberapa prilaku menghindari dosa besar
·      Mendiskusikan hikmah dari menghindari dosa besar
Siswa Dapat :
8.4.1. Menjelaskan akibat positif meninggalkan dosa besar
8.4.2. Membiasakan menghindari dosa besar
8.4.3. Menjelaskan hikmah menghindari dosa besar

Tes Tulis



Lisan 

Tes Tulis

Uraian





Uraian





1.    Jelaskan pendapat anda akibat positif meninggalkandosa besar ?
2.    Bagaimana cara menghindari perbuatandosa besar ?
3.    Jelaskan hikmah meninggalkan dosa besar ?

2 Jam
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.    White Board dan spidol
2.    Kertas



Kepahiang, 25 Oktober 2014
Mengetahui,                                                                                                                                             Mahasiswa  
Dosen Pembimbing                                                                                                                                
                                                                                                                                                         


Baryanto, S.Pd. M.M                                                                                                                              Slamet Ridwan

NIP.                                                                                                                                                          NIM. 11532031

No comments:

Post a Comment