S I L
A B U S
Satuan
Pendidikan : MAS 01
Darussalam Kepahiang
Mata
Pelajaran : Aqidah
Akhlaq
Kelas / Semester : XI (sebelas) / Genap
Tahun Ajaran : 2015 / 2016
Standar Kompetensi : 5. Memahami ilmu kalam
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER/BAHAN/
ALAT
|
||
Teknik
|
Bentuk
instrument
|
Contoh
|
||||||
5.1.
Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam
|
Pengertian
dan fungsi ilmu kalam
|
· Menjelaskan
pengertian ilmu kalam
· Mendiskusikan
fungsi ilmu kalam
· Membaca referensi
yang terkait dengan sejarah munculnya ilmu kalam
|
Siswa
Dapat :
5.1.1. Mendefnisikan
pengertian ilmu kalam
5.1.2. Menjelaskan fungsi
ilmu kalam
5.1.3. Menelusuri sejarah
munculnya ilmu kalam
|
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes
Tulis
|
Uraian
Uraian
Lisan
|
1.
Sebutkan pengertian ilmu kalam !
2.
Jelaskan
fungsi ilmu kalam !
3.
Ceritakan
sejarah munculnya ilmu kalam !
|
4 jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar
kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1
White
Board dan spidol
2
Kertas
|
5.2.
Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu
lainnya.
|
Hubungan
ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
|
§
Mendiskusikan masalah pokok ilmu kalam
§
Menelusuri latar belakang ilmu kalam
§
Mendiskusikan masalah pokok yang diperdebatkan
dalam ilmu kalam
|
Siswa
Dapat :
5.2.1.
Menyebutkan masalah pokok ilmu kalam
5.2.2.
Menjelaskan latar belakang ilmu kalam
5.2.3.
Menjelaskan masalah pokok yang diperdebatkan
dalam ilmu kalam
|
Tes Tulis
Lisan
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Sebutkan
masalah-masalah pokok yang di bahas di dalam ilmu kalam?
2.
Jelaskan
masalah yang sering diperdebatkan dalam ilmu kalam ?
|
2 jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar
kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.
White
Board dan spidol
2.
Kertas
|
5.3.
Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan
akidah
|
Penerapan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
|
· Menjelaskan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
· Mendemonstrasikan sikap tokoh ilmu kalam dalam
mempertahankan aqidah
|
Siswa
Dapat:
5.3.1.
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
5.3.2.
Menunjukkan sikap tokoh ilmu kalam dalam
mempertahankan aqidah
|
Lisan
Tes Tulis
|
Uraian
|
1.
Sebutkan
tokoh-tokoh dalam ilmu kalam ?
2.
Jelaskan sikap tokoh dalam mempertahankan aqidah?
|
4 Jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar
kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.
White
Board dan spidol
2.
Kertas
|
Kepahiang, 25 Oktober 2014
Mengetahui, Mahasiswa
Dosen
Pembimbing
Baryanto, S.Pd. M.M Slamet
Ridwan
NIP. NIM. 11532031
Standar Kompetensi : 6. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
Standar Kompetensi : 6. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/BAHAN/ ALAT
|
||
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Contoh
|
||||||
6.1 Menjelaskan aliran-aliran ilmu
kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah,
Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain
seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)
|
Aliran-aliran
dalam ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah,
Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan
lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)
|
· Menjelaskan
macam-macam aliran dalam ilmu kalam
· Menjelaskan
pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam
· Mengidentifikasi
tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
|
Siswa Dapat:
6.1.1 Menyebutkan macam-macam aliran dalam ilmu kalam
6.1.2 Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam
6.1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
|
Tes Tulis
Tes Tulis
Lisan
|
Uraian
Uraian
|
1.
Sebutkan
macam-macam alirandalam ilmu kalam?
2.
Jelaskan
pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam?
3.
Sebutkan
tokoh-tokoh dalam ilmu kalam?
|
2 jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq
Mulia”
Bahan:
Lembar
kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1
White
Board dan spidol
2 Kertas
|
6.2.Menganalisis
perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
|
Perbedaan
antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
|
§
Mendiskusikan
perbedaan antara aliran
ilmu kalam yang satu dengan lainnya
§
Membaca,
menulis dan menterjemahkan dalil tentang ilmu kalam
|
Siswa Dapat :
6.2.1Membandin-gkan perbedaan antara aliran ilmu
kalam yang satu dengan lainnya
6.2.2Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan
dengan ilmu kalam
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
|
1.
Bandingkan
perbedaan antara aliran ilmu kalam dengan yang lain ?
2.
Tuliskan
dalil naqli yang berkaitan denganilmu kalam ?
|
2 jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar
kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat
:
1.
White
Board dan spidol
2.
Kertas
|
6.3Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran
tertentu dalam ilmu kalam
|
Beberapa contoh
perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
|
·
Membaca buku referensi tentang sikap orang yang
beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
·
Mendiskusikan hikmah adanya prilaku orang yang
beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
|
6.3.1Menjelaskan sikap orang yang beraliran
tertentu dalam ilmu kalam
6.3.2Menjelaskan hikmah adanya prilaku orang
yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Jelaskan
sikap orang yang menganut aliran dalam ilmu kalam?
2.
Jelaskan
hikmah adanya prilaku orang yang manganut aliran dalam ilmu kalam?
|
2 Jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar
kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
|
6.4 Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan
bermasyarakat
|
Perbedaan-perbedaan aliran dalam kehidupan bermasyarakat
|
·
Mendiskusikan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam
·
Membaca buku referensi yang berkaitan dengan
dasar pemikiran dalam ilmu kalam
|
6.4.1Menjelaskan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam
6.4.2Menjelaskan dasar pemikiran
dalam ilmu kalam
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Jelaskan
persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam ?
2.
Jelaskan
dasar pemikiran dalam ilmu kalam ?
|
2 Jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar
kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.
White
Board dan spidol
2.
Kertas
|
Kepahiang, 25 Oktober 2014
Mengetahui, Mahasiswa
Dosen
Pembimbing
Baryanto, S.Pd. M.M Slamet
Ridwan
NIP. NIM.
11532031
Standar Kompetensi : 7. Membiasakan perilaku terpuji
Standar Kompetensi : 7. Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER/BAHAN/ALAT
|
||
Teknik
|
Bentuk
instrument
|
Contoh
|
||||||
7.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
Pengertian dan
pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
·
Menjelaskan
pengertian menutup aurat
·
Mendiskusikan batas-batas aurat bagi laki-laki
dan wanita
·
Membaca,
menulis dan menterjemahkan dalil tentang pentingnya akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
Siswa
Dapat :
7.1.1. Menjelaskan
pengertian menutup aurat
7.1.2. Menyebutkan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita
7.1.3. Mengidentifikasi
dalil naqli tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan,
bertamu dan menerima tamu
|
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1.
Jelaskan
pengertian menutup aurat?
2.
Sebutkan batas-batas aurat bagi laki-laki dan
perempuan ?
3.
Tuliskan
dalil naqli tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhiasa ?
|
2 jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq
Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
|
7.2Mengidentifikasi bentuk akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima
tamu
|
§ Menjelaskan pengertian bentuk
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
§ Mendiskusikan
bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
7..2.1
Menjelaskan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu
7.2.2 Memban-dingkan bentuk akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Jelaskan
bentuk akhlak berpakaian, berhias ?
2.
Bandingkan
bentuk akhlak berpakaian dan berhias ?
|
2 jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq
Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
|
7.3Menunjukkan
nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu dalam fenomena kehidupan
|
Nilai-nilai positif
dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam
fenomena kehidupan
|
· Menjelaskan nilai negatif
akibat tidak dilaksanakanya bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan,
bertamu dan menerima tamu
· Mendiskusikan hikmah
dilaksanakanya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima
tamu
|
7.3.1 Menyebutkan nilai negatif akibat tidak
dilaksanakanya bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu
7.3.2 Menunjukkan hikmah dilaksanakanya akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Sebutkan
dampak negative akibat tidak mengamalkan akhlak berpakaian dan berhias ?
2.
Tunjukkan
hikmah melaksanakan akhlak berpakaian dan berhias dengan baik ?
|
4 Jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq
Mulia”
Bahan:
Lembar kerja dan hasil kerja siswa
dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
|
7.4Membiasakan
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
Akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
· Menjelaskan prilaku orang yang berprilaku
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
· Memberikan contoh orang-orang yang
melaksanakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima
tamu
|
7.4.1
Menunjukan prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias,
perjalanan, bertamu dan menerima tamu
7.4.2 Meneladani orang-orang yang
melaksanakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima
tamu
|
Lisan
Lisan
|
|
1. Tunjukkan contoh
prilaku orang yang mengamalkan akhlak berpakaian dan berhias ?
2. Menurut anda
bagaimana cara meneladani orang yang melaksanakan akhlak berpakaian dan
berhias ?
|
2 Jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar
kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
|
Kepahiang, 25 Oktober 2014
Mengetahui, Mahasiswa
Dosen
Pembimbing
Baryanto, S.Pd. M.M Slamet Ridwan
NIP. NIM. 11532031
Standar Kompetensi : 8. Menghindari Perilaku Tercela
Standar Kompetensi : 8. Menghindari Perilaku Tercela
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER/BAHAN/ALAT
|
||
Teknik
|
Bentuk
instrument
|
Contoh
|
||||||
8.1.
Menjelaskan
pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba)
|
Pengertian dosa besar (mabuk-mabukan,
berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
|
· Menjelaskan definisi dosa besar
· Membaca, menulis menterjemahkan dalil
tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
|
Siswa
Dapat :
8.1.1. Mendefinisikan
tentang dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina,
mencuri, mengkonsumsi narkoba)
8.1.2. Mencari dalil
tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
1. Identifikasikan tentang dosa besar (mabuk-mabukan,
berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba) ?
2.
Cari dan
tuliskan dalil tentang mabuk-mabukan,
berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba
|
2 jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlaq “Berakhlaq Mulia”
Bahan:
Lembar
kerja dan hasil kerja siswa
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
|
8.2.
Mengidentifi-kasi
bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba)
|
Bentuk dan contoh-contoh dosa besar
(mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
|
§
Menjelaskan macam-macam dosa besar
§
Mendiskusikan
prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba
|
8.2.1.
Menyebutkan
macam-macam dosa besar
8.2.2.
Menunjukkan
prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba
|
Tes Tulis
Lisan
|
Uraian
|
1.
Sebutkan
macam-macam dosa besar ?
2.
Tunjukkan
ciri prilaku orng yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba ?
|
2 jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar
kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
|
8.3.
Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi,
zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
|
Nilai-nilai negatif
akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba)
|
· Mendiskusikan pentingnya menghindari dosa
besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
· Menjelaskan akibat negatif yang ditimbulkan
dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba)
|
Siswa Dapat:
8.3.1.
Menjelaskan
pentingnya menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba)
8.3.2.
Menunjukkan
akibat negatif yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan,
berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
|
Tes Tulis
Tes
Tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Jelaskan
pendapat anda pentingnya menghindari dosa besar besar (mabuk-mabukan,
berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)?
2.
Tuliskan
contoh akibat negative yang timbul dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan,
berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
|
4 Jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar
kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1. White Board dan spidol
2. Kertas
|
8.4.
Membiasakan
diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina,
mencuri, mengkonsumsi narkoba)
|
menghindari
perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba)
|
· Membaca referensi
tentang akibat positif meninggalkan dosa besar
·
Mencari contoh beberapa prilaku menghindari
dosa besar
· Mendiskusikan
hikmah dari menghindari dosa besar
|
Siswa
Dapat :
8.4.1. Menjelaskan akibat
positif meninggalkan dosa besar
8.4.2. Membiasakan
menghindari dosa besar
8.4.3. Menjelaskan hikmah
menghindari dosa besar
|
Tes Tulis
Lisan
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Jelaskan
pendapat anda akibat positif meninggalkandosa besar ?
2.
Bagaimana
cara menghindari perbuatandosa besar ?
3.
Jelaskan
hikmah meninggalkan dosa besar ?
|
2 Jam
|
Sumber :
Buku Aqidah Akhlak yang relevan
Bahan:
Lembar
kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi
Alat :
1.
White
Board dan spidol
2.
Kertas
|
Kepahiang, 25 Oktober 2014
Mengetahui, Mahasiswa
Dosen Pembimbing
Baryanto,
S.Pd. M.M Slamet Ridwan
NIP. NIM. 11532031
No comments:
Post a Comment