Saturday, November 8, 2014

8 PERANGKAT PEMBELAJARAN ( AQIDAH AKHLAK KELAS XI MA )

PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran              : Akidah Akhlak
Satuan Pendidikan        : MAS 01 Darussalam Kepahiang
Kelas / Semester            : XI (sebelas) / Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2014 / 2015

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
ALOKASI WAKTU
1.    Memahami
 tasawuf
1.1             Menjelaskan pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf
  • Pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf
4 JP
1.2 Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern
  • Fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern
2 JP
1.3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku bertasawuf
  • Contoh-contoh perilaku bertasawuf
2 JP
1.4. Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern
  • Tasawuf dalam kehidupan modern
2 JP

Ulangan Harian 1


2. Membiasakan perilaku terpuji
2.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
  • Pengertian tauhid dan istilah-istilah lain
2 JP
2.2.Mengidentifik-asi perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
  • Macam-macam tauhid
2 JP
2.3.    Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
  • Perilaku orang bertauhid
2 JP
2.4.    Membiasakan perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
  • Perilaku bertauhid dalam kehidupan sehari-hari

Ulangan Harian 2


3. Membiasakan perilaku terpuji
3.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
  • Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
2 JP
3.2. Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
  • Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
2 JP
3.3. Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan

  • Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
2 JP
3.4. Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
  • Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
2 JP

Ulangan Harian 3


4. Menghindari perilaku tercela
4.1.   Menjelaskan pengertian ishraf,  tabdzir, dan fitnah
  • Pengertian ishraf,  tabdzir, dan fitnah
2 JP

4.2.    Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
  • Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
2 JP

4.3.  Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
  • Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
2 JP

4.4.  Membiasakan diri untuk menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah
  • Menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah
2 JP

Ulangan Harian 4



Jumlah

34 JP


Kepahiang, 25 Oktober 2014
Mengetahui,
Dosen Pembimbing


Baryanto, S.Pd. M.M
NIP.
Mahasiswa



Slamet Ridwan
NIM. 1153 2031


PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran              : Akidah Akhlak
Satuan Pendidikan        : MAS 01 Darussalam Kepahiang
Kelas / Semester            : XI (sebelas) / Genap
Tahun Pelajaran           : 2015 / 20156

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
ALOKASI WAKTU
5.    Memahami ilmu kalam
5.1.Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam
·            Pengertian dan fungsi ilmu kalam
4 JP
5.2. Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
·            Hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
2 JP
5.3. Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
·            Penerapan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
4 JP

Ulangan Harian 5


6. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
6.1. Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)

·            Aliran-aliran dalam ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)
4 JP
6.2. Menganalisis perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
·            Perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
2 JP
6.3  Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
·            Beberapa contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
2 JP
6.4 Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat
·            Perbedaan-perbedaan aliran dalam kehidupan bermasyarakat
2 JP
Ulangan Harian 6


7. Membiasakan perilaku terpuji
7.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu


·            Pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
2 JP
7.2. Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

·            Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
2 JP
7.3. Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan

·            Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan
2 JP
7.4. Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·            Akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
2 JP

Ulangan Harian 7


8. Menghindari perilaku tercela
8.1.            Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

  • Pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
2 JP
8.2.            Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

  • Bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
2 JP
8.3  Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
  • Nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
2 JP
8.4  Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
  • menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
2 JP
Ulangan Harian 8



Jumlah

36 JP


.

Kepahiang, 25 Oktober 2014
Mengetahui,
Dosen Pembimbing






Baryanto, S.Pd. M.M
NIP.
Mahasiswa







Slamet Ridwan
NIM. 1153 2031


No comments:

Post a Comment