PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran :
Akidah Akhlak
Satuan Pendidikan :
MAS 01 Darussalam Kepahiang
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / Ganjil
Tahun Pelajaran :
2014 / 2015
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
ALOKASI WAKTU
|
1.
Memahami
tasawuf
|
1.1
Menjelaskan pengertian, asal usul dan
istilah-istilah dalam tasawuf
|
|
4 JP
|
1.2 Menjelaskan fungsi dan peranan
tasawuf dalam kehidupan modern
|
|
2 JP
|
|
1.3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku
bertasawuf
|
|
2 JP
|
|
1.4. Menerapkan tasawuf dalam kehidupan
modern
|
|
2 JP
|
|
|
Ulangan
Harian 1
|
|
|
2. Membiasakan perilaku terpuji
|
2.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan
|
|
2 JP
|
2.2.Mengidentifik-asi perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan
|
|
2 JP
|
|
2.3.
Menunjukkan
nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
dalam fenomena kehidupan
|
|
2 JP
|
|
2.4.
Membiasakan
perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
Ulangan
Harian 2
|
|
|
|
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1.Menjelaskan
pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
|
2 JP
|
3.2. Mengidentifikasi bentuk dan
contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
|
2 JP
|
|
3.3. Menunjukkan nilai negatif akibat
perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam
fenomena kehidupan
|
|
2 JP
|
|
3.4. Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja dalam kehidupan sehari-hari
|
|
2 JP
|
|
|
Ulangan Harian 3
|
|
|
4. Menghindari perilaku
tercela
|
4.1. Menjelaskan
pengertian ishraf, tabdzir, dan fitnah
|
|
2 JP
|
|
4.2. Mengidentifikasi
bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
|
|
2 JP
|
|
4.3.
Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
|
|
2 JP
|
|
4.4. Membiasakan diri
untuk menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah
|
|
2 JP
|
|
Ulangan
Harian 4
|
|
|
|
Jumlah
|
|
34 JP
|
|
Kepahiang,
25 Oktober 2014
|
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing
Baryanto,
S.Pd. M.M
NIP.
|
Mahasiswa
Slamet
Ridwan
NIM.
1153 2031
|
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran :
Akidah Akhlak
Satuan Pendidikan :
MAS 01 Darussalam Kepahiang
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / Genap
Tahun Pelajaran :
2015 / 20156
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
ALOKASI WAKTU
|
5. Memahami ilmu
kalam
|
5.1.Menjelaskan pengertian dan fungsi
ilmu kalam
|
·
Pengertian
dan fungsi ilmu kalam
|
4 JP
|
5.2. Menjelaskan hubungan ilmu kalam
dengan ilmu lainnya.
|
·
Hubungan
ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
|
2 JP
|
|
5.3. Menerapkan ilmu kalam dalam
mempertahankan akidah
|
·
Penerapan
ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
|
4 JP
|
|
|
Ulangan
Harian 5
|
|
|
6. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
|
6.1. Menjelaskan aliran-aliran ilmu
kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah,
Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain
seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)
|
·
Aliran-aliran
dalam ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah,
Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain
seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)
|
4 JP
|
6.2. Menganalisis
perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
|
·
Perbedaan
antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
|
2 JP
|
|
6.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang
beraliran tertentu dalam ilmu kalam
|
·
Beberapa
contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
|
2 JP
|
|
6.4 Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan
bermasyarakat
|
·
Perbedaan-perbedaan
aliran dalam kehidupan bermasyarakat
|
2 JP
|
|
Ulangan
Harian 6
|
|
|
|
7. Membiasakan perilaku terpuji
|
7.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
·
Pengertian
dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima
tamu
|
2 JP
|
7.2. Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
·
Bentuk
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
2 JP
|
|
7.3. Menunjukkan
nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu dalam fenomena kehidupan
|
·
Nilai-nilai
positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima
tamu dalam fenomena kehidupan
|
2 JP
|
|
7.4. Membiasakan akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
·
Akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
2 JP
|
|
|
Ulangan
Harian 7
|
|
|
8. Menghindari perilaku tercela
|
8.1.
Menjelaskan
pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba)
|
|
2 JP
|
8.2.
Mengidentifikasi
bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba)
|
|
2 JP
|
|
8.3 Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi,
zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
|
|
2
JP
|
|
8.4
Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa
besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
|
|
2 JP
|
|
Ulangan Harian 8
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
36 JP
|
.
|
Kepahiang,
25 Oktober 2014
|
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing
Baryanto,
S.Pd. M.M
NIP.
|
Mahasiswa
Slamet
Ridwan
NIM.
1153 2031
|
No comments:
Post a Comment